Badai Kuat Sapu Texas, Oklahoma, dan Arkansas, Sedikitnya 11 Tewas

Texas, AS — Badai dahsyat menewaskan sedikitnya 11 orang tewas dan meninggalkan jejak kerusakan yang parah di sepanjang Texas, Oklahoma dan Arkansas yang meluluhlantakkan sejumlah rumah dan sebuah halte bus di mana beberapa pengemudi berlindung.

Tujuh orang tewas di Cooke County, Texas, dekat perbatasan Oklahoma di mana angin puting beliung menyapu kawasan taman yang menjadi tempat parkir trailer (mobile home). Badai ini juga menimbulkan kerusakan di Oklahoma di mana sejumlah tamu acara perkawinan di luar ruangan luka-luka. Puluhan ribu warga hingga kini masih mengalami pemadaman listrik. 

Sherrif Cooke County, Ray Sappington, mengatakan kepada Associated Press “sisa kerusakan yang ditinggalkan sangat buruk.” Jumlah korban tewas di Cooke County juga mencakup dua anak, yang masing-masing berusia dua dan lima tahun.

Tiga anggota keluarga di Texas ditemukan meninggal di dalam satu rumah dekat komunitas Valley View, tambah Sappington.

Sejumlah orang di Denton County, dan di bagian utara Dallas, Texas, dibawa ke rumah sakit dengan ambulans dan helikopter. Tetapi belum diketahui luka yang mereka derita.

Sedikitnya dua orang dilaporkan tewas di Arkansas, termasuk seorang perempuan berusia 26 tahun yang ditemukan meninggal di luar sebuah rumah yang hancur di Olvey, satu komunitas kecil di Boone County. Satu orang lainnya meninggal di Benton County. Sejumlah orang juga dilaporkan luka-luka dan hingga laporan ini disampaikan petugas medis masih terus menerima telepon dari warga.

Bulan April dan Mei merupakan masa di mana kerap terjadi tornado, terutama di wilayah Midwest. Negara bagian Iowa terkena dampak paling buruk minggu lalu ketika badai meluluhlantakkan Greenfield, sementara badai lain justru memicu banjir.

Sistem yang menyebabkan cuaca buruk ini diperkirakan akan bergerak ke timur selama sisa akhir pekan Memorial Day.

Balap mobil terkenal “Indiapolis 500” yang dijadwalkan berlangsung hari Minggu (26/5) pukul empat sore waktu setempat diperkirakan akan ditangguhkan karena proyeksi badai. Pejabat-pejabat Indianapolis Motor Speedway saat ini sedang mengevakuasi sekitar 125.000 penggembar balap yang sudah berada di lokasi. Papan-papan video di dalam arena memberikan peringatan akan terjadinya badai petir di tengah hujan lebat yang menyelimuti kawasan itu. 

Badai yang lebih parah diperkirakakan akan menyapu negara bagian Illinois, Missouri dan Kentucky. Badan ramalan cuaca mengatakan potensi cuaca buruk juga diperkirakan akan terjadi di North Carolina dan Virginia pada hari Senin (27/5). [em/jm]
https://bit.ly/3QXb3KL

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started